Selasa, 09 Juni 2015

pengertian media

Media pembelajaran
3 Istilah tentang Media
1.      Alat peraga
Segala sesuatu yg dapat digunakan untuk menyampaikan pesan berkaitan pembelajaran.
Sejarah:
·        Pesan – guru – siswa – tujuan
·        1980
2.      Media pembelajaran
Segala sesuatu yang dapat mengantarkan pesan/ informasi kepada peserta didik.
Sejarah : 1980an - sekarang

3.      Sumber belajar
Segala sesuatu yang dapat di manfaattkan dalam rangka memperoleh pengetahuan bagi siswa.
Perbedaan media dan sumber:
a.      Digunakan untuk penyampaian pesan media
b.      Jika tidak digunakan disebut sumber jika di pergunakan di sebut media
Definisi media:
*     AECT (Association for education technolgy) : segala sesuatu untuk proses penyaluran informasi
*     NEA (national education association) : benda yang dapat memanipulasikan, di lihat, di dengar, di baca atau dibicarakan berserta instrument


Nilai praktis
Penggunaan media pebelajaran
                                                                                          
ü  Media dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki siswa
ü  Media dapat mengatasi kekurangan ruangan kelas, waktu, indra, tenaga.
ü  Dengan media memungkinkan siswa dapat berinteraksi langsung dengan alam lingkungan
ü  Media menghasilkan keseragaman pengamatan
ü  Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, kongkrit dan realistis.
ü  Dapat meningkatkan minat dan motifasi belajar
ü  Dapat memberikan pengalaman integral dari sesuatu yang kongkrit sampai hal2 abstrak
Guna Media dalam PBM
Ø  Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
Ø  Proses instruksional lebih menarik
Ø  Proses belajar lebih interaktif
Ø  Jumlah waktu belajar mengajar dapat dikurangi
Ø  Kualitas belajar dapat ditingkatkan
Ø  Proses belajar dapat terjadi kapan dan dimana saja.
Ø  Meningkatkan sikap positif siswa terhadap proses dan bahan belajar

Proses komunikasi
Keterkaitan komunikasi dengan media
Komunikasi: interaksi antara dua atau lebih orang  yang memiliki pesan yang dapat di terima.
Encoding akan berhasil menjadi decoding apaila dalam penerimaan pesan dan channelnya tidak bermasalah.

Pertimbangan dalam memilih media :
1.      Tujuan yang hendak di capai
2.      Karakteristik pembelajar/ siswa
a.      Kemampuan
b.      Pengalaman
c.      Kondisi fisik
d.      Gaya belajar
§      Auditory (mendengar)
§      Visual (melihat)
§      Kinestetik (melakukan)
§      Sikuensial (prosedur / tahap2)
3.      Media dalam bentuk materi
a.      Konsep (berbentuk definisi)
b.      Prinsip (berkaitan dengan dalil2 hukum2)
c.      Fakta (berupa realita / kondisi)
d.      Prosedur (berupa langkah2 / step2)
4.      Kemampuan guru
5.      Waktu
6.      Efektifitas dan efesiensi
7.      Ketersediaan kelengkapan pembelajaran
8.      Bahan ajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar