Media pembelajaran
3 Istilah tentang Media
1.
Alat peraga
Segala sesuatu yg dapat
digunakan untuk menyampaikan pesan berkaitan pembelajaran.
Sejarah:
·
Pesan – guru – siswa – tujuan
·
1980
2.
Media pembelajaran
Segala
sesuatu yang dapat mengantarkan pesan/ informasi kepada peserta didik.
Sejarah : 1980an - sekarang
3.
Sumber belajar
Segala
sesuatu yang dapat di manfaattkan dalam rangka memperoleh pengetahuan bagi
siswa.
Perbedaan media dan
sumber:
a.
Digunakan untuk penyampaian pesan media
b.
Jika tidak digunakan disebut sumber jika di
pergunakan di sebut media
Definisi media:
AECT
(Association for education technolgy) : segala sesuatu untuk proses penyaluran
informasi
NEA
(national education association) : benda yang dapat memanipulasikan, di lihat,
di dengar, di baca atau dibicarakan berserta instrument
Nilai praktis
Penggunaan media pebelajaran
ü Media
dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki siswa
ü Media
dapat mengatasi kekurangan ruangan kelas, waktu, indra, tenaga.
ü Dengan
media memungkinkan siswa dapat berinteraksi langsung dengan alam lingkungan
ü Media
menghasilkan keseragaman pengamatan
ü Media
dapat menanamkan konsep dasar yang benar, kongkrit dan realistis.
ü Dapat
meningkatkan minat dan motifasi belajar
ü Dapat
memberikan pengalaman integral dari sesuatu yang kongkrit sampai hal2 abstrak
Guna Media dalam PBM
Ø Penyampaian
materi pembelajaran dapat diseragamkan
Ø Proses
instruksional lebih menarik
Ø Proses
belajar lebih interaktif
Ø Jumlah
waktu belajar mengajar dapat dikurangi
Ø Kualitas
belajar dapat ditingkatkan
Ø Proses
belajar dapat terjadi kapan dan dimana saja.
Ø Meningkatkan
sikap positif siswa terhadap proses dan bahan belajar
Proses komunikasi
Keterkaitan komunikasi dengan media
Komunikasi: interaksi antara dua atau lebih
orang yang memiliki pesan yang dapat di
terima.
Encoding akan berhasil menjadi decoding apaila dalam
penerimaan pesan dan channelnya tidak bermasalah.
Pertimbangan dalam memilih media :
1.
Tujuan yang hendak di capai
2.
Karakteristik pembelajar/ siswa
a.
Kemampuan
b.
Pengalaman
c.
Kondisi fisik
d.
Gaya belajar
§ Auditory
(mendengar)
§ Visual
(melihat)
§ Kinestetik
(melakukan)
§ Sikuensial
(prosedur / tahap2)
3.
Media dalam bentuk materi
a.
Konsep (berbentuk definisi)
b.
Prinsip (berkaitan dengan dalil2 hukum2)
c.
Fakta (berupa realita / kondisi)
d.
Prosedur (berupa langkah2 / step2)
4.
Kemampuan guru
5.
Waktu
6.
Efektifitas dan efesiensi
7.
Ketersediaan kelengkapan pembelajaran
8.
Bahan ajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar